Cara Memaksimalkan Smartphone Agar Tidak Lemot Saat Bermain Game

Bermain game di smartphone adalah salah satu aktivitas yang banyak disukai oleh pengguna Android. Namun, tidak semua smartphone bisa menjalankan game dengan lancar dan tanpa lag. Apalagi jika game yang dimainkan memiliki grafis dan ukuran yang besar, seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, atau Call of Duty Mobile.

Lag atau patah-patah saat bermain game bisa membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan dan bahkan membuat kita kalah dalam pertandingan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa cara untuk memaksimalkan smartphone agar tidak lemot saat bermain game.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan performa gaming mobile:

Hapus aplikasi yang tidak dipakai

Salah satu penyebab smartphone lemot saat bermain game adalah karena banyaknya aplikasi yang terinstal di memori internal. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa memakan ruang penyimpanan dan juga RAM yang dibutuhkan oleh game untuk berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, kita perlu menghapus aplikasi yang tidak dipakai atau jarang digunakan untuk mengosongkan memori internal dan RAM. Caranya cukup mudah, kita tinggal masuk ke menu Settings > Apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus dan tekan tombol uninstall┬╣.

Sebelum menghapus aplikasi, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di dalamnya, seperti dokumen, data game, ebook, dan lainnya. Jika ada, kita bisa membackup data tersebut ke memori eksternal atau cloud storage terlebih dahulu.

Bersihkan cache

Cache adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading dan menjalankan fungsi tertentu. Cache biasanya akan terhapus secara otomatis oleh aplikasi jika sudah tidak dibutuhkan lagi. Namun, terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache-nya menumpuk dan memenuhi memori internal.

Cache yang terlalu banyak bisa membuat smartphone lemot saat bermain game karena mengurangi ruang penyimpanan dan juga mengganggu kinerja sistem. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan cache secara berkala untuk mengembalikan performa smartphone.

Caranya juga mudah, kita tinggal masuk ke menu Settings > Apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya dan tekan tombol Clear Cache. Kita bisa melakukannya untuk semua aplikasi yang ada di smartphone kita, terutama aplikasi yang sering digunakan atau memiliki cache yang besar.

Ubah refresh rate

Refresh rate adalah jumlah gambar yang ditampilkan oleh layar smartphone dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate, semakin mulus dan responsif tampilan layar saat bermain game. Beberapa smartphone Android sudah mendukung refresh rate tinggi, seperti 90Hz atau 120Hz.

Jika smartphone kita memiliki fitur ini, kita bisa mengubah refresh rate ke level tertinggi untuk mendapatkan pengalaman gaming terbaik. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Display > Advanced dan tap Refresh Rate. Kita bisa memilih refresh rate sesuai dengan keinginan kita.

Namun, perlu diingat bahwa refresh rate tinggi juga akan membuat baterai smartphone cepat habis. Oleh karena itu, pastikan smartphone kita memiliki baterai yang cukup sebelum bermain game dengan refresh rate tinggi.

Beralih ke koneksi internet lebih cepat

Koneksi internet juga sangat mempengaruhi performa gaming mobile, terutama untuk game online yang membutuhkan transfer data secara terus-menerus. Jika koneksi internet kita lambat atau tidak stabil, maka game online akan terasa lag atau patah-patah.

Oleh karena itu, kita perlu menggunakan koneksi internet terbaik saat bermain game online, baik melalui Wi-Fi atau koneksi data seluler. Kita bisa memeriksa kecepatan dan stabilitas koneksi internet kita dengan menggunakan aplikasi seperti Speedtest atau Fast. Jika koneksi internet kita kurang memadai, kita bisa mencari tempat yang memiliki sinyal lebih kuat atau beralih ke jaringan lain yang lebih cepat.

Selain itu, kita juga bisa menghindari penggunaan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet saat bermain game online, seperti streaming musik, video, atau sosial media. Hal ini untuk mengurangi beban pada koneksi internet dan menghindari gangguan pada game online.

Gunakan aplikasi khusus

Selain melakukan cara-cara di atas secara manual, kita juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang dirancang untuk meningkatkan performa gaming mobile. Aplikasi-aplikasi ini biasanya memiliki fitur seperti membersihkan RAM, mengoptimalkan CPU, mengatur mode game, dan lainnya.

Beberapa contoh aplikasi khusus untuk gaming mobile adalah Game Booster, Game Launcher, Game Space, dan sebagainya. Kita bisa mencari dan mengunduh aplikasi tersebut di Play Store sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, kita tinggal menjalankannya dan memilih game yang ingin dimainkan. Aplikasi tersebut akan secara otomatis melakukan berbagai pengaturan untuk membuat game berjalan dengan lancar dan tanpa lag.

Root smartphone

Root adalah proses untuk mendapatkan akses penuh ke sistem operasi Android. Dengan melakukan root, kita bisa mengubah berbagai pengaturan dan fitur yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna biasa. Salah satunya adalah meningkatkan performa gaming mobile.

Dengan root smartphone, kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses root untuk mengoptimalkan smartphone. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah GLTools, Kernel Adiutor, Greenify, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kita untuk mengubah resolusi layar, mengatur frekuensi CPU, menghentikan aplikasi latar belakang, dan lainnya. Hal ini tentu akan membuat smartphone lebih ringan dan cepat saat bermain game.

Namun, perlu diingat bahwa root smartphone juga memiliki risiko yang cukup besar, seperti kehilangan garansi, kesalahan sistem, bahkan kerusakan permanen. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dan mempelajari cara root smartphone dengan benar sebelum melakukannya.

Ganti smartphone

Jika cara-cara di atas masih tidak berhasil membuat smartphone kita tidak lemot saat bermain game, maka mungkin sudah saatnya untuk ganti smartphone. Smartphone yang sudah tua atau memiliki spesifikasi rendah memang sulit untuk menjalankan game-game terbaru yang memiliki grafis dan ukuran besar.

Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dan sesuai dengan kebutuhan gaming kita. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone baru adalah prosesor, RAM, GPU, baterai, layar, dan fitur-fitur lainnya.

Tentu saja, harga juga menjadi pertimbangan utama saat membeli smartphone baru. Kita bisa mencari smartphone yang memiliki harga terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk gaming. Beberapa contoh smartphone gaming murah adalah Poco X3 Pro, Realme Narzo 30A, Redmi Note 10 Pro, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa cara untuk memaksimalkan smartphone agar tidak lemot saat bermain game. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *